Total Tayangan Laman

W E L C O M E

Jumat, 05 November 2010

pengertian harddisk

hard disk 
 Apa itu hard drive atau disk drive ? Sebuah hard drive, juga dikenal sebagai drive hard disk atau HDD, adalah bagian mendasar dari komputer modern. Hard drive adalah tempat semua program-program dan file anda disimpan, sehingga jika drive rusak karena alasan tertentu, Anda akan kehilangan data pada komputer Anda. Sebuah hard drive menggunakan teknologi memori penyimpanan mirip dengan kaset dan kaset video. Anda mungkin sudah tahu informasi kaset strip tipis tape dengan bahan magnetik halus di permukaannya. Demikian juga, hard drive berisi piringan seperti cermin yang ditutupi dengan media perekaman magnetik yang sama.
hard disk
Piringan di dalam hard disk drive biasanya terbuat dari kaca atau aluminium. Ini adalah bahan yang pada permukaannya dipoles magnet yang membuat piringan tampak mengkilap, seperti cermin. Permukaan yang dipoles sangat penting dijaga kebersihannya untuk berfungsinya harddisk,  bahkan debu terkecil pun dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.
Sama seperti head dalam pemutar kaset atau pemutar VHS membaca data pada tape, head di dalam hard disk Anda juga membaca dan menulis data ke piringan. Head ini ada pada lengan yang terpasang di sebelah platters, sehingga bisa pivot bolak-balik diatas piringan. Hard Disk drive modern rata-rata memiliki beberapa piringan di dalamnya. Ada celah kecil di antara setiap platter, yang memungkinkan setiap head piringan untuk berjalan mulus di atasnya. Semua Head berada di lengan yang sama, memiliki cabang terpisah untuk setiap head, agak mirip dengan tines dari garpu berbalik pada sisinya.
Saat Anda menghidupkan komputer, piringan segera mulai berputar. Piringan di sebuah hard disk drive komputer desktop biasanya berkecepatan hingga sekitar 7.200 rotasi per menit (rpm), sementara hard drive di komputer laptop biasanya dijalankan pada 5.400 rpm. Ketika komputer Anda aktif namun Anda tidak mengerjakan apa pun, piringan di hard disk selalu berputar. Namun lengan dengan head di atasnya, hanya akan bergerak saat Anda menjalankan program atau membuka, menyimpan, atau menghapus file. Lengan head ini dapat bergerak bolak-balik melintasi permukaan piringan sebanyak 50 kali dalam satu detik.
Karena segala sesuatu di hard disk bergerak begitu cepat, head tidak pernah benar-benar menyentuh platters.  Namun gerak cepat piringan dan head di dalam hard disk Anda membuatnya rentan terhadap “head crash”, yang mana dapat sentuhan langsung head terhadap piringan. Beberapa hal yang berbeda dapat menyebabkan head crash. Jika debu masuk ke hard drive anda dan menempel di piringan, ini juga berbahaya. Media perekaman magnetik sangat rapuh, dan sering rusak ketika menabrak head piringan.
Orang yang menggunakan laptop juga harus sangat berhati-hati, menggerakkan laptop Anda tiba-tiba dapat menyebabkan head crash. Setiap kali Anda memindahkan laptop Anda bila diaktifkan, Anda harus mengambilnya dan meletakkannya dengan sangat lembut. Jika tidak, akhirnya hard disk Anda mungkin berhenti bekerja sama sekali.

PENYEBAB RUSAKNYA HARDDISK

Harddisk merupakan hardware penyimpanan data yang utama pada komputer. Tanpa harddisk, komputer tidak dapat digunakan secera optimal, karena tampilannya hanya tulisan-tulisan berwarna hitam putih.

Harddisk merupakan hardware yang sensitive. Ada beberapa hal yang menyebabkan rusaknya harddisk. Namun yang paling parah ialah matinya aliran listrik secara mendadak, yaitu:
  • Mati lampu. Solusinya ialah dengan memakai adaptor khusus yang dapat menyimpan listrik untuk beberapa menit. Jadi saat mati lampu terjadi, komputer tetap menyala dan masih ada kesempatan untuk mematikan komputer dengan aman.
  • Resset. Sebagai orang berfikir bahwa menekan tombol resset pada CPU adalah hal kecil, padahal ini sangat berbahaya bagi harddisk. Alasannya katika jarum harddisk sedang bekerja, maka posisinya sedang berada di tengah-tengah piringan harddisk. Dan jika kita menekan tombol resset, maka si jarum tersebut akan serentak bergerak ke tepi piringan dan meninggalkan bekas goresan maka terjadilah badsector. Oleh karena itu, jangan asal-asalan menekan tombol resset.
Sekedar tips seandainya komputer hang dan tidak ada jalan lain selain menekan tombol resset. Tunggulah sampai lampu harddisk (biasanya yang berwarna merah) mati, walau pun nyalanya berkedip-kedip, tekanlah tombol resset saat lampu harddisk sedang mati/ tidak menyala.

Comments :

0 komentar to “pengertian harddisk”

Poskan Komentar

BlogBlogs

 

Copyright © 2009 by ILMU PENGETAHUAN KOMPUTER

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger